Akses Premium, gabung sebagai member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Teleskop Antariksa James Webb Abadikan Citra Planet Ekstrasurya Raksasa

Baru-baru ini, teleskop antariksa James Webb berhasil memotret sebuah planet ekstrasurya raksasa berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi!
Hasil observasi James Webb. Kredit: T. Müller (MPIA/HdA), E. Matthews (MPIA)

InfoAstronomy Premium - Sebuah planet raksasa bermassa 6 kali massa Jupiter yang mengorbit salah satu dari tiga bintang dalam sistem Epsilon Indi berhasil diamati dan diabadikan secara langsung oleh teleskop antariksa James Webb. Berkat pengamatan ini, jarak planet tersebut diketahui sekitar 20 sampai 40 kali lebih jauh dari bintangnya daripada jarak Bumi ke Matahari, menjadikan planet ini sangat dingin.

Bintangnya, Eps Ind A, merupakan bintang katai oranye yang lebih kecil dan lebih dingin dari Matahari. Planet ekstrasurya yang kini diberi nama Eps Ind Ab itu diperkirakan bersuhu sekitar 2 °C, jauh lebih dingin daripada planet raksasa lainnya yang pernah ditemukan. Apa yang bisa dipelajari dari penemuan ini?

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca

Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.