Akses artikel Premium dengan menjadi member BelajarAstro KLUB, daftar di sini!

Peradaban Luar Bumi Mungkin Terlalu Canggih untuk Dideteksi oleh Kita

Peradaban maju luar Bumi mungkin saja ada, tapi mereka memiliki teknologi yang sulit kita deteksi, atau bahkan tidak meninggalkan jejak sama sekali.
Ilustrasi planet ekstrasurya mirip Bumi. Kredit: NASA Ames/SETI Institute/JPL-Caltech

InfoAstronomy Premium - Jika kita melihat usia dan ukuran galaksi Bimasakti, seharusnya peradaban cerdas ada di mana-mana di galaksi kita ini. Tapi, di manakah mereka semua? Kenapa kita sulit menemukannya? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa peradaban luar Bumi kemungkinan terlalu maju untuk bisa kita deteksi.

Jika ada peradaban luar Bumi, atau kita sebut saja alien, melihat ke arah Bumi kita, mereka mungkin akan melihat kilauan cahaya Matahari yang terpantul dari panel-panel surya yang ada di permukaan maupun pada satelit-satelit yang mengitari planet kita. Jadi, para ilmuwan pun mencoba mencari tahu apakah kita bisa menemukan kehidupan alien dengan cara yang sama.

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca