Akses artikel Premium dengan menjadi member BelajarAstro KLUB, daftar di sini!

Saran pencarian

Tabrakan Antara Galaksi Bimasakti dan Andromeda Kemungkinan Telah Terjadi

Penelitian terhadap medium sirkumgalaktik mengungkapkan fakta bahwa kemungkinan galaksi Bimasakti dan Andromeda sudah mulai tabrakan. Kok bisa?
Ilustrasi tabrakan galaksi. Kredit: youtube.com/@SaltyMikan

InfoAstronomy Premium - Seperti api unggun yang menyala di malam yang dingin, galaksi-galaksi di alam semesta dikelilingi oleh lapisan "asap" gas dan debu tipis yang menyebar luas. Lapisan tipis ini dikenal sebagai medium sirkumgalaktik, sebuah area yang sangat luas yang memuat sekitar 70 persen massa galaksi yang terlihat.

Sebuah penelitian terbaru terhadap satu galaksi yang jaraknya sekitar 270 juta tahun cahaya dari Bumi telah mengungkapkan interaksi antara medium sirkumgalaktik (circumgalactic medium atau CGM) dengan cakram galaksi yang bersinar, yang membantu menentukan batas dan menunjukkan bahwa galaksi kita mungkin lebih luas dari yang kita bayangkan.

Jika benar, implikasinya bisa berarti bahwa tabrakan yang lama diprediksi antara Galaksi Bimasakti dan Galaksi Andromeda mungkin sudah dimulai – setidaknya tabrakan antara medium sirkumgalaktik masing-masing galaksi ini yang sudah mulai bercampur.

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.