Akses artikel Premium dengan menjadi member BelajarAstro KLUB, daftar di sini!

Terkonfirmasi! Komet C/2023 A3 Masih Bisa Diamati Hingga Akhir Oktober 2024

Komet C/2023 A3 (Tsuchinshan-ATLAS) bisa diamati lagi mulai pertengah hingga akhir Oktober 2024, lho! Siap berburu komet ini lagi?
Komet C/2023 A3 dipotret pada 28 September 2024. Kredit: C Messier / Wikimedia Commons

InfoAstronomy Premium - Belum berhasil mengamati kenampakan komet C/2023 A3 (Tsuchinshan-ATLAS) padahal sudah banyak yang melihatnya setiap pagi di langit? Tenang, menurut pengamatan para astronom, komet ini masih bisa terus diamati hingga akhir Oktober 2024.

Komet C/2023 A3 berhasil melewati perihelion, titik terdekatnya dari Matahari, pada 27 September 2024. Jaraknya dari bintang terdekat dari Bumi kita saat itu cuma 58,6 juta kilometer. Nah, komet ini akan mencapai perigee, atau jarak terdekatnya dari Bumi, pada 12 Oktober 2024.

6 Oktober 2024 adalah kesempatan terakhir kita untuk melihat komet C/2023 A3 di langit fajar. Setelah tanggal itu, posisinya di langit akan terlalu dekat dengan Matahari. Bahkan pada 9-10 Oktober 2024, komet ini akan tampak hanya 3° dari Matahari, terlalu dekat untuk diamati. Akan tetapi, letaknya dengan Matahari di langit Bumi akan semakin menjauh dengan cepat setelah itu, inilah momen "kedua" kita bisa melihatnya lagi!

✨ Konten Premium ✨

Jadilah member BelajarAstro KLUB untuk membaca artikel premium ini. Temukan artikel astronomi berkualitas, mendalam, terkini, anti copy-paste!

Kamu member? Lanjut baca